Strategi Blogging untuk pemilik Bisnis Offline

1
515
online-offline-marketing-strategy

Bagi anda yang punya usaha kecil menengah yang baru dikembangakan maupun yang sudah berkembang, ada strategi unik nih untuk meningkatkan omset usaha anda dengan blogging. Kegiatan blogging bukan hanya untuk pebisnis online saja, tapi akan sangat baik jika kita kombinasikan antara bisnis offline dan blogging. Hal ini demi mencapai target pasar yang jauh lebih luas dan menuju persaingan internasional.

strategi pemasaran produk

Ada banyak sekali perusahaan yang sudah mengiklankan produknya melalui internet seperti Adwords atau facebook itu merupakan startegi yang sangat baik. Tapi akan jauh lebih baik dan efesien jika kita melakukan pemasaran dan mendatangkan lebih banyak traffic dengan blogging dan kemudian memasarkan produk.

Jadi intinya adalah bagaimana  anda memasarkan produk atau usaha anda dengan kegiatan blogging yang benar tanpa harus mengeluarkan biaya iklan.

Seorang blogger yang normal dapat menggabungkan aspek berbagai bisnis dalam blogging dan memperlakukannya seperti sebuah bisnis online, nah kali ini saya akan bahas sedikit tentang hal – hal yang harus anda persiapkan untuk melakukan strategi blogging untuk bisnis offline anda.

Menetapkan Tujuan bagi Blog Anda:

Hal penting yang harus anda tentukan adalah tujuan dari blog bisnis Anda. Dengan menentukan tujuan blog anda, anda dan hasil blog anda akan lebih terarah. Buatkan skema khusus untuk kegiatan blogging Anda. Lakukan dengan sangat natural dan disiplin

Ada beberapa contoh seperti :

Tentukan Topik Blog Anda

Menentukan sebuah topic blog sangat penting, topic blog mampu memfilter pengunjung blog yang anda dapatakan. Misal : jika blog anda membahas seputar resep masakan, maka mayoritas pengunjung blog anda adalah ibu-ibu.

Nah dengan begitu, anda akan sangat mudah bukan dalam menentukan apa yang akan anda jual. Dengan menentukan TOPIK UTAMA dalam blog anda, akan memudahkan anda dalam memonetize sebuah blog

Tentukan Target Pengunjung

Seperti hal diatas, otomatis pengunjung akan sesuai dengan niche atau tema blog anda, nah biasanya gaya penulisan juga cukup mempengaruhi spesifikasi kunjungan yang anda dapatkan. Menulis dengan gaya anak muda bisa saya mengurangi makna jika di baca oleh orang dewasa atau tua, tentu saja ini akan memberikan efek terhadap jenis pengunjung.

Tentukan Jumlah Artikel Dalam 3 bulan

Anda harus tentukan goal dari jumlah artikel blog anda dalam waktu min 3 bulan pertama..? Kenapa ? Jika blog baru tentu belum punya pengunjung, nah untuk mendapatkan pengunjung anda harus menulis beberapa artikel untuk blog anda. Disini saya akan misalkan hal yang paling simple, Anda punya blog dengan 100 Artikel tanpa anda Optimasi (Anda ngga bisa SEO), maka rata-rata anda sudah memiliki traffic ke blog anda 50-200 Kunjungan dalam sehari (Masih kira-kira)

online-offline-marketing-strategy

Nah bayangkan jika ini ada benar-benar wujudkan menjadi sebuah blog yang sangat menjual ? Dalam hal ini adalah sebuah blog yang mampu menjual produk usaha kecil anda sendiri.

Baca : Rahasia cara membuat artikel

Coba anda bayangkan punya sebuah toko dengan pengunjung 200 orang perhari, bagaimana jika anda mampu mengolah pengunjung tersebut hingga menjadi buyer bukan hanya orang yang lewat ..?? Salah satunya adalah dari kekuatan artikel marketing yang anda lakukan. Dengan tulisan anda, anda secara otomatis berusaha mengubah pengunjung menjadu buyer/pembeli.

Nah sekarang sudah tau kan, bagaimana potensi blog meskipun hanya sambilan ?

 

Buat skema khusus yang harus anda lakukan untuk blog anda

Blogging tanpa struktur dan tujuan yang terorganisir akan membuat pekerjaan kita sia-sia saja. Saya yakin semua hal juga seperti itu. Oleh sebab itu anda harus siapkan skema yang tepat dalam memulai hingga menjalani proses blogging untuk usaha kecil anda.

Masih ada lanjutan untuk artikel ini, sengaja saya potong agar tidak kepanjangan. Tunggu ya lanjutannya, silahkan masukkan email pada kolom subscriber untuk mendapatkan update artikel via email.

[credit image]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY