Ketahui Jenis Script Injection Yang Sering Menginfeksi Website Anda

0
494
hati-hati dengan janis malware

Website anda kena malware juga..?

hati-hati dengan janis malwareMungkin belakangan ini banyak blogger yang mengalami hal ini, kemarin saat saya mengalami masalah malware saya benar-benar tidak tau seperti apa jenis atau bentuk dari kode-kode injection yang menyerang website saya. Mungkin ada beberapa dari Anda yang juga mengalami hal yang sama, oleh sebab itu tetaplah membaca karena saya akan membagikan sedikit info tentang jenis atau contoh script injection yang biasanya menyerang website.

Sebenarnya ada banyak sekali script-script yang bisa di inject ke website kita, tapi hanya beberapa saja yang saya ketahui sesuai dengan pengalaman saya kemarin.  Kemungkinan saja anda tidak akan temui script yang saya jelaskan nanti di file website anda yang terkena malware. Karena mungkin yang hack web anda adalah orang yang berbeda, so silahkan membaca untuk mengetahui lebih luas tentang hal ini…

Jenis-jenis script injection yang menyebabkan website Anda terdeteksi Malware

  • Java Script Injection, biasanya script ini menyerang file yang berekstensi java script (JS), oleh sebab itu anda harus melakukan checking terhadap beberapa file JS yang ada di website anda. Biasanya script ini diawali oleh kode : EVAL, Blablabla dan sebagainya.  Jika Anda tau script PHP Injection bentunya hampir sama seperti itu, Anda bisa liat bentuk Script PHP Injection dibagian bawah, lanjutkan membaca…

 

  • HTML Script Injection , seperti halnya script lainnya script html injection ini menyerang bagian website Anda yang berektensi .html. Kebanyakan dari script html injction ini  :

Untuk mengatasi hal ini anda harus segera cek semua file dengan ekstensi html kemudian menghapus kode seperti diatas. Atau jika Anda punya backup file, bisa juga dengan cara menimpanya dengan file yang masih bersih, pastikan PC, Laptop Anda bersih dari virus.

  • PHP Script Injection, script inilah yang kemarin menyakiti website saya, script seperti ini biasanya menyerang file-file yang berekstensi .PHP, kebanyakan script PHP injection seperti ini berada pada awal atau akhir dari sebuah file, jadi script ini akan diletakkan di bagian paling awal sebelum kode-kode website anda yang ada di file .php

Anda bisa coba cek dengan membuka file index.php kemudian lihat bagian paling atas dan paling akhir, biasanya script ini terletak pada posisi tersebut. Segeralah hapus !

Oke, sekian dulu info mengenai script-script jahat yang sering menyerang website dan akhirnya terdeteksi malware di beberapa browser.

Semoga info ini bermanfaat untuk anda yang sedang mengalami masalah malware di website anda, intinya adalah rajin backup website anda. Jangan lupa berikan komentar Anda jika artikel ini bermanfaat untuk Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY