Cara Mengetahui Website WordPress yang terkena Malware dengan Google Webmaster Tools

0
455
cara cek malware di website wordpress

cara cek malware di website wordpressGoogle Webmaster Tools Pentingkah ?

Anda punya website ? Hati-hati sekarang ini malware atau script berbahaya lagi bertebaran dimana-mana. Salah satu korbannya ya website saya ini, cukup mengejutkan saat saya melihat email bahwa website saya di blokir google gara-gara kena malware. Akibatnya pengnjung tidak bisa membuka website saya dan otomatis jumlah pengunjung berkurang drastis.

Oke, kali ini saya ingin berbagi sedikit tips tentang bagaimana cara mengetahui website wordpress yang terkena malware ? Seberanya hal ini cukup mudah, dan ini seharusnya anda lakukan di awal saat anda baru membangun website anda. Ada banyak orang yang membangun website dengan cepat bahkan hingga melupakan hal-hal terpenting seperti security websitenya sendiri. Nah salah satunya adalah mendaftarkan website anda di google webmaster tools.

Saya sendiri sering kali melupakan hal ini, tapi sebenarnya kembali lagi kepada tujuan kita membangun sebuah website, apakah Anda ingin membangun website untuk bisnis jangka panjang anda, atau hanya untuk sekedar berbisnis. Jika memang Anda benar-benar membangun website untuk bisnis dengan jangka panjang, maka hal ini benar-benar perlu dilakukan.

Berikut adalah cara mendaftarkan website anda di google webmaster tools.

  • Pastikan anda memiliki email dari google atau gmail jika belum silahkan buat di gmail.com
  • Buka Google Webmaster Tools
  • Silahkan anda sign in gunakan email gmail anda.
  • Setelah login akan ada tombol warna merah ” Tambahkan Situs” silahkan anda tambahkan situs anda disana.
  • Kemudian anda akan diarahkan ke halaman verifikasi, download dulu sebuah file html seperti : Unduh berkas verifikasi HTML ini. [google3f44601986cc5f53.html]
  • Setelah anda download, segera upload ke cpanel hosting anda.
  • Kemudian Kembali lagi ke halaman verifikasi google webmaster tools, klik verifikasi.
  • Selesai .
Nah setelah itu anda bisa melakukan cek secara rutin untuk melihat apakah ada malware atau script jahat yang bersarang di website anda. Biasanya google akan mengririmkan pesan jika website anda terdeteksi memiliki script yang berbahaya bagi user.
Semoga bermafaat, jangan lupa berikan komentarnya ya….

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY