Hari ini AryDesign Pindah Hosting Ke Bluehost

2
1926
Cara Pindah hosting untuk web wordpress

Cara Pindah hosting untuk web wordpressPindah hosting sering kali menjadi masalah

Hari ini Blog pribadi saya ini pindah hosting, mungkin ada pengunjung blog ini yang menemukan blog ini kosong beberapa jam sebelum kembali seperti semua. Mohon maaf selain karena koneksi XL yang bener-bener LOLA, 2 hari ini saya tidak bisa akses apapun karena masalah koneksi modem. Padahal udah 3 kali hubungi pihak xl hehe… sebenarnya ini cukup menghambat pekerjaan pemindahan hosting. Jadi untuk teman-teman yang berencana pindah hosting usahakan saat koneksi anda sedang kenceng-kencenganya ya…. Jadi mohon maaf ya !

Lalu kenapa saya memilih untuk pindah hosting…???

Yes, ada beberapa faktor yang menyebabkan saya memillih untuk pindah hosting. Tapi saya akan bahas secara general saja, he he he… Saya menggunakan hosting lokal,nah kenapa saya memilih bluehost…?? Ini dikarenakan ada beberapa penyedia hosting lokal yang tidak support beberapa plugin. Bahkan parahnya instal plugin saya harus melalui cpanel… GILA ga tuh…?? ini saya ketahui saat mengerjakan job web client yang hostnya beli di salah satu penyedia hosting yang katanya murah dan dikenal cukup berkualitas. Eiiits… tapi sekarang udah tidak lagi…..

Oke, kenapa pilih bluehost… pertama karena saya sudah berlangganan cukup lama dan sama sekali belum pernah ada masalah seperti web dihack, hosting down ga karuan dan sebagainya yang pernah saya alami selama menggunakan hosting lokal yang tidak saya sebutkan namanya. Saya sudah 3 kali menggunakan hosting lokal yang penyedianya lari entah kemanalah, hostingnya down lah, dan sebagainya… tapi saya juga akui banyak penyedia hosting lokal yang masih sangat konsisten dan pelayanannya sangat baik….

Bagaimana cara melakukan pemindahan website wordpres dari hosting A ke hosting B dengan cepat tanpa harus merusak 1 data pun…??

Saya menggunakan system clone atau cloning, ada beberapa plugin yang bisa anda gunakan. Salah satunya yang terbaik dan yang termurah adalah Backup Creator. Anda bisa dapatkan Backup Creator disini. Cara memindahnya sangat mudah jika anda menggunakan plugin ini, cukup dengan 2 kali klik web anda sudah terbackup dan 1 klik terakhir web anda sudah pindah host baru.

Tapi sayangnya saya menemukan kendala saat menggunakan Backup Creator,,, lah kenapa…?? Ini karena hosting yang saya gunakan sebelumnya tidak support dengan plugin ini. Nah lhoo …. tapi syukur selalu ada solusi dari setiap masalah, apa itu..>??

Saya menggunakan plugin backup buddy, fungsinya sama hanya saja cukup ribet, jadi saya pindahkan dulu ke sub domain yang saya buat di hosting baru (bluehost). Kemudian setelah web online, saya cek semua datanya, jika masih sama, baru lah saya lakukan perubahan name server domain dan hubungkan ke bluehost.Kemudian tinggal beackup and restore dengan backup creator. Karena data di subdomain sudah ada dibluehost yang support backup creator.

Nah dari tulisan saya ini, semoga anda mendapatkan pengalaman untuk kedepannya jika ingin pindah hosting, dan juga hati-hati dalam memilih hosting. Hosting bagaikan nyawa dari bisnis anda, jadi berikan bisnis anda yang terbaik, untuk hasil yang terbaik pula.

Semoga bermanfaat, murni pengalaman.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY